tabik, stefanus akim

*Harga Capai Rp105 Ribu

Posted in Ekonomi, sosial by pencintabuku on Februari 8, 2008

Para Ibu Rumah Tangga Mengeluhkan Kelangkaan Elpiji

Stefanus Akim
Borneo Tribune, Ngabang

Sejumlah ibu rumah tangga, pengusaha rumah makan dan restoran di Ngabang, mengeluhkan semakin tingginya harga elpiji kebutuhan rumah tangga. Kini, harganya untuk ukuran 12 kilo mencapai harga Rp105 ribu.

Yanti, salah pengelola Rumah Makan Sinar Padang, yang berada di Terminal Ngabang mengatakan, kelangkaan yang dialaminya sejak Desember lalu. Hingga kini harga tersebut tidak turun bahkan cenderung naik. Jika sebelumnya bisa diperoleh Rp65 ribu hingga Rp80 ribu, kini harga tersebut sudah mencapai Rp105 ibu.

Setiap tiga hari, Yanti membutuhkan satu tabung elpiji ukuran 12 kilo. Semakin ramainya pengunjung rumah makannya, maka semakin cepat pula gas tersebut habis. Sebab semakin banyak yang ia masak.

Untuk menyiasatinya, Yanti harus menyediakan stok yang cukup banyak. Jika tidak maka proses menyediakan makanan akan terganggu dan pelanggan akan mencari tempat lain.

Ibu rumah tangga yang meneruskan usaha orang tuanya ini menuturkan, tahun 2007 masih tak kesulitan mendapatkan elpiji. Kapan perlu selalu tersedia. Kini sejak sehabis Natal, semakin sulit mencarinya. ”sebagai konsumen yang embutuhkan tiap hari tentu saja kita berharap agar setiap saat ada gas (elpiji). Kalau tidak bagaimana kelangsungan usaha kami,” kata dia.

Sementara Anita, salah seorang ibu rumah tangga di kawasan Kampung Raja mengeluhkan kenaikan harga elpiji tersebut. Untuk mengatasinya, ia sesekali menggunakan kompor minyak tanah. ”Kalu elpiji tak ada, minyak tanah juga tak ada, bisa-bisa kembali menggunakan kayu bakar,” kata dia.■

Satu Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. poet/yaya said, on Desember 9, 2008 at 2:40 pm

    dimana-mana juga banyak yang ngeluh. kita tak bisa buat banyak kok


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: