tabik, stefanus akim

Majalah Sidus-Nyarumkop

Posted in Hobby, Jurnalistik by pencintabuku on Juli 8, 2007

Oleh: Stefanus Akim

Saya masih ingat pernah ‘mengelola’ majalah Sidus. Majalah ini milik para siswa asrama Widya (seminari) St Paulus Nyarumkop, Singkawang. Saya juga pernah menjadi Ketua Asrama tahun 1994 (Kelas 2 SMA), Ketua Seksi Liturgi tahun 1993 (Kelas 1) dan Ketua Majelis Permusyarawatan Kelas (MPK) tahun 1994.

Saat itu konsultan Sidus bapak Drs. Hendrikus Clement. Beliau guru Bahasa Inggris alumni Sanata Dharma, Yogyakarta dan juga alumni Nyarumkop. Sempat menjadi Ketua DPRD Kota Singkawang dari Fraksi Partai Demokrasi Perjuangan (PDI-P) dan kemudian karena pemekaran, menjadi anggota DPRD Bengkayang. Terakhir saya dengar sebagai dosen di STIE Bumi Sebalo, Bengkayang.

Majalah itu ukuran buku tulis biasa dengan sampul kuning dan isi foto copy. Isinya macam-macam, mulai dari cerita humor, artikel, kartun dan lain-lain. Yang nulis selain siswa seminari menengah juga para guru dan biarawan.

Terakhir saya dengar sudah tidak terbit karena kekurangan dana dan mungkin juga kekurangam human recourses. Saya & beberapa alumni berpikir untuk menghidupkan kembali, sebagai sarana adik-adik menuangkan gagasan dan melatih diri. Bagi para alumni yang berkeinginan berkomitmen mungkin bisa kontak saya di stefanusakim [et] gmail [dot] com.

Mungkin perlu direview, kami pernah membuat paguyuban dengan nama Ikatan Alumni Persekolahan Katolik Nyarumkop (IMAPKN) antara tahun 1999-2001. Saya tak ingat persis, sebab sudah lama & tak tahu siapa pengurus sekarang. Saat itu beralamat di Komsos Keuskupan Agung Pontianak di jalan Imam Bonjol.

Tahun 2006 IMAPKN, pernah membuat kegiatan bernama Latihan Kepemimpinan Siswa (LKS)-mirip di Sanata Darma dengan basis latihan kontemplasi St Iqnatius De Loyola. Salah satu yang bekerja keras Yosafat Aus S.Ag dan kawan-kawan. Saya sempat hadir pada hari penutupan. Awal berdiri melakukan sosialisasi perguruan tinggi di Pontianak, meggelar tryout penerimaan mahasiswa baru dan kegiatan lain.

Ada rasa bersalah jika majalah ini mati suri. Soal dana mungkin kita bisa patungan dulu dan tidak membebani keuangan persekolahan atau yayasan.

Regards,
Stefanus Akim

25 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. YUS said, on Maret 16, 2008 at 3:17 am

    mantan wisma bhinneka bgaimana ya?ikut nimbrung

  2. REYKIE OKTABRI DATU, SE said, on Juni 6, 2008 at 5:03 am

    saya alumni SMU St.Paulus Nyarumkop tinggal diwisma Bhinneka….ayo teman2 yang lain ikut gabung di sini ………

  3. pencintabuku said, on Juni 9, 2008 at 4:24 am

    Terima kasih komentarnya. Aku merencanakan kita buat web untuk nyarumkop…sehingga bisa dikenal banyak orang. Kunjungi juga aku di http://stefanusakim.blogspot.com

    Salam,

    Stefanus Akim

  4. engelbert said, on Juli 31, 2008 at 7:14 am

    Bagus….setuju, saya sebagai mantan anak asrama widya angkatan 2005!!

  5. Ronie said, on Agustus 6, 2008 at 9:17 am

    Ayo, mana alumni SMU Seminari St. Paulus lainnya… dukung donk..
    saya tamatan 2007!!

  6. Augustinus Apui said, on Agustus 28, 2008 at 7:47 am

    Serasa pulang ke rumah. Saya tamatan 1991 kini menetap di Semarang. Kerinduanku terobati setelah bertahun-tahun tidak pulang ke Kalimantan. Ayo kawan kita urun rembuk untuk sekolah kita.

  7. pencintabuku said, on Agustus 31, 2008 at 11:23 am

    ayo teman2 mana lagi nih

  8. Dr Damianus Hipolitus said, on September 13, 2008 at 4:39 am

    Saya alumnus SMA St Paulus lulus 1994 dan SMP Nyk lulus 1991. 1994 melanjutkan di FK Unika Atma Jaya Jakarta, sekarang bertugas di RSU St. Antonius Pontianak. Beberapa wakktu yg lalu saya pernah di kunjungi adik kelas dalam rangka persiapan reuni. Sayang karena kesibukan tak sempat hadir. Saya sangat senang bila ada forum on line yg bisa menjadi sarana komunikasi antar alumnus PKN,…sarana untuk berbagi informasi dan menjalin kembali tali persaudaraan yg mungkin lama terputus… ‘great idea’ pak Stef Akim ….

  9. MIAZ said, on September 25, 2008 at 12:15 pm

    SAYA SEMINARIS ANKATAN 2008-2009 AYO TEMAN-TEMAN KITA MASUK KENYARUMKOP SAMA-SAMA

  10. achoi said, on Oktober 12, 2008 at 12:47 pm

    majalah bAru SemInaRi. aYo donk PenGurUs perIoDe 2008/2009!!!!!
    janGaN sIa-SIakan mImPI kiTA, cEy???

  11. HERONIMUS said, on Oktober 27, 2008 at 3:17 pm

    aku ikut forum ya…. aku hero, seminari angkatan 1998-2001, bagus lah ada majalahnya, cuma lo bisa tolonglah aktifkan lagi iktan alumni-alumni nya, biar makin kuat forum ato komunitas nya.
    hidup nyarumkop….

  12. HERONIMUS said, on Oktober 27, 2008 at 3:18 pm

    do the best for seminari st. paulus nyarumkop.

  13. AYAI said, on November 28, 2008 at 4:10 am

    KERINDUAN AKAN SEKOLAH PASTI ADA, MAKA DARI ITU KITA BANGUN KOMUNIKASI DENGAN NAIK.

  14. Gregorius Kia L said, on Desember 5, 2008 at 10:23 am

    Saya ikut boleh ya…?

  15. Gregorius Kia L said, on Desember 5, 2008 at 10:33 am

    Saya Gregorius Kia L, SMP Timonong th. ’96 – th. ’99 dan SMA Seminari St. Paulus th. ’99 – th. ’02. Saya pikir ini merupakan langkah awal yang baik untuk kita semua yang pernah merasakan bagaimana rasanya sekolah di Seminari Menengah St. Paulus Nyarumkop. Paling tidak sudah sedikit membantu “kita yang berserakan entah dimana” untuk saling bertukar pikiran. Gagasan mengenai pembuatan Web untuk Seminari merupakan hal yang baik dan patut kita dukung bersama, sehingga Seminari kita bisa dikenal luas dan terus berkembang. Semoga!!!
    BONUM EXEMPLUM UTILIUS EST QUAM VERBUM.

  16. Agustinus Hendro E said, on Desember 6, 2008 at 2:57 am

    Saya Alumnus 96. Ada ide niih untuk mengumpulkan alamat2 alumnus. mungkin dengan demikian harapannya dapat mempermudah jika ingin membuat sesutu yang positif untuk almamater. hal ini telah kita rembug dengan Bp. Sukoco, Bp. Hendrik, Sdr Yosafat Aus dan guru2 SMU lainnya. rencananya dengan dimulainya ini ada beberapa agenda yang inigin kita buat. jadi, kepada siapa saja yang mendukung ini hubungi dapat menghubungi kita di Mail agust_hend@yahoo.co.id
    Trim”s

  17. lumin said, on Januari 7, 2009 at 5:36 pm

    alumni tahun 1998-2001

  18. lumin said, on Januari 7, 2009 at 5:40 pm

    kayanya aku kenal ama hero?salam!jga gregorius adik kelas.

  19. rio_gile (palbu) said, on Februari 4, 2009 at 6:44 am

    jangan ragu lagi, jika ada yang bertanya apa sekolah terbaik di Kalbar katakan dengan lantang dan berani “SMA Santo Paulus Nyarumkop!!!!!!”
    teruskan perjuanganmu teman………………..

  20. Hieronimus said, on Februari 16, 2009 at 4:01 am

    Q, Hieronimus, sangat senang bisa baca pendapat dari teman-teman atau abang2 kelas yang masih ingat dg PKN. Q alumni SMA seminari 2000-2003. sekarang masih ngabdikan diri di PKN SMA Seminari, sangat prihatin jika kita Alumnus tidak memberikan suport kepada adik2 kita saat ini. Nyarumkop tetap Berusaha memberikan yang terbaik untuk generasi baru menggali dan mendapingi anak2 muda yang mau berkembang apalagi kita2 yang udah berhasil mau dong…….ikut memberikaan masukan u adik2 kita biar mereka semakin yakin sekolah di seminari kita adalah masih UNGGUL, OK !
    Th;s …………….

  21. Yesinta said, on Februari 16, 2009 at 11:13 am

    HiduP 5minary PKN..!
    MKin jYA 5lalu..
    Nön 5ch0lae 5ed vitae di5cimU5

  22. by rudiman said, on April 20, 2009 at 2:06 pm

    wah aku juga maw ikutan…

  23. Olasesa said, on September 2, 2009 at 1:26 pm

    saya angkatan 06, ayo yang lain… gabung

  24. Halo Saya Mariel Iye' alumni SMA st.Paulus Nyk.angkt 1997-2000...tmpaknya ga asing tuh Lumin, Hero eh dah dmana skrg tgsaya? Nyarumkop itu nama tmpatnya...na..na..na..ayo klo msih hpal lanjutkan said, on Oktober 8, 2009 at 11:56 am

    Halo Bro

  25. oktavianus adriyansen said, on Januari 6, 2010 at 1:39 pm

    saya Oktavianus Adriyansen, SMA st. paul ’99/2002, Asrama Whidya. saya sependapat dengan sodara gregorius Kia L, ini adalah langkah yang tepat untuk menunjukan citra diri sekolah dimana semua orang tahu seperti apa keadaannya. kekurangan dan kelebihannya , nah sebagai alumnus saya sangat mendukung program ini. tingkat kan budaya membaca dikalangan pelajar. PORTITER IN RE SED SUAVITER IN MODO.


Tinggalkan Balasan

