tabik, stefanus akim

Pencuri Meteran Air Berkeliaran di Pasar Mempawah

Posted in Kriminal by pencintabuku on November 27, 2006

Mempawah, Equator

Jika anda pelanggan PDAM maka patut berhati-hati! Sebab meteran air anda kini tiba-tiba menjadi barang berharga dan diincar kawanan pencuri. Di Pasar Mempawah dalam dua kali gebrakan setidaknya sudah ada 50 kasus pencurian dan hingga kini pelakunya masih berkeliaran.

Kuat dugaan pencuri mengincar meteran air karena ada kandungan tembaga. Jika dijual kiloan harganya cukup menggiurkan. Meskipun akibat perbuatan tersebut PDAM dirugikan begitupun konsumen yang harus merogoh Rp 180 ribu untuk mengganti dengan yang baru.

Lima puluhan pelanggan mendatangi PDAM secara bergiliran. Mereka melaporkan pencurian terhadap meteran air. Akibat perbuatan tangan jahil tersebut, PDAM dirugikan karena air mengalir tanpa melalui ukuran. Sementara pelanggan rugi karena harus mengganti biaya meteran.

Kejadian yang cukup membuat heboh ini sendiri terjadi sebelum puasa. Persisnya, Sabtu 16/9 dan seminggu kemudian, Jumat (22/9).

Plt Dirut PDAM, Salamun A.Md yang dikonfirmasi via telepon membenarkan kejadian tersebut. “Benar ada pencurian meteran listrik dan pelanggan sudah datang ke kita. Laporan yang kita terima kurang lebih 50 orang,” tutur Salamun.

Dikatakan, meteran tersebut dalam klausul adalah milik PDAM yang dipinjampakaikan kepada konsumen. Jika ternyata aus atau rusak karena dimakan usia maka itu menjadi tanggung jawab PDAM untuk menggantinya. Namun jika pencurian atau kerusakan dalam kondisi tak wajar maka itu menjadi tanggungjawab pelanggan. “Biayanya sekitar Rp 180 ribu namun bisa saja ada biaya tambahan untuk pemasangan,” ungkap dia.

Satuan Pengamanan (Satpam) Pasar yang bertugas menjaga pasar Mempawah juga membenarkan kejadian tersebut. “Memang betul ada pencurian meteran air dan dilakukan selama dua kali. Kami sudah menerima laporan warga dan sudah mendata yang kehilangan,” tutur Kasiman salah seorang Satpam yang ditemui Equator dan mengatakan kejadian tersebut terjadi saat regunya tidak bertugas.

Pihaknya melakukan penjagaan dengan lebih intensif dan bahkan sudah berkoordinasi dan melaporkan hal ini kepada Polsek Mempawah Kota. Pencurian ternyata tak hanya dilakukan di pasar, namun juga dilakukan di kompleks-komplek dan gang-gang. (kim)

*Harian Equator 28 November 2006

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: