tabik, stefanus akim

Tumbuh Kembangkan Industri Non Kayu

Posted in Ekonomi by pencintabuku on Oktober 30, 2006

Mempawah, Equator

Pasca kolepnya sejumlah besar industri perkayuan akibat keterbatasan bahan baku, harus dicarikan solusi lain yang bisa menyerap tenaga kerja yang lebih signifikan. Salah satunya dengan menggalakkan industri non kayu,selain industri perkebunan.

Kabid Industri Dinas Perindakop, Drawin SE MM saat diminta komentar soal hal tersebut mengatakan pihaknya memang sedang menggalakkan. Banyak kegiatan-kegiatan masyarakat yang sudah mengarah kesana, yaitu home industri yang lumayan banyak menyerap tenaga kerja. “Memang kita berkomitmen untuk meningkatkan industri non kayu, apalagi salah satu visi misi pak Bupati untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan,” tegas Darwin.

Alumni Fakultas Ekonomi Untan ini menuturkan program Usaha Kecil Menengah (UKM) juga menjadi salah satu andalan dan harus terus dibina. Dimana program UKM adalah industri yang memprodukasi barang dan jasa yang menggunakan bahan baku utamannya berbasis pada pendayagunaan sumber daya alam, bakat dan karya seni tradisional di daerah setempat.

Sementara ciri-cirinya antara lain bahan baku masih dapat dicari, menggunakan teknologi sederhana, keterampilan dasar umumnya sudah dimiliki, bersifat padat karya, peluang pasar cukup luas, melibatkan masyarakat ekonomi lemah setempat serta secara ekonomi menguntungkan.

“Kalau kita lihat di Kabupaten Pontianak peningkatakan UKM dari waktu ke waktu menunjukkan ke arah yang lebih baik. Tinggal sedikit polesan maka akan berjalan apa adanya,” kata Darwin yang juga pembina pengerajin bidai di Mempawah dan sejumlah VCO di Kabupaten Pontianak. (kim)

*Harian Equator 30 Oktober 2006

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: