tabik, stefanus akim

Gudang Sembako Terbakar Kerugian Telan Miliran Rupiah

Posted in Ekonomi, Perkotaan by pencintabuku on Oktober 30, 2006

Sungai Pinyuh, Equator

Warga Sungai Pinyuh yang masih terlelap tiba-tiba tersentak mendengar dentuman akibat kebakaran yang menghanguskan gudang sembako, Kamis (28/9) sekitar pukul 02.00 dinihari.

Kebakaran ini setidaknya menghanguskan empat buah truk beserta isinya, satu buah pekap dan sebuah gudang yang berisi sembako milik Ah Hiong. Lokasi kebakaran sendiri bersebelahan dengan Polsek Sungai Pinyuh dan hanya dibatasi pagar beton yang cukup tinggi. Di dalam truk terlihat semen, gula, beras dan barang-barang yang lain.
Gudang sembako milik Ah Hiong dikenal warga sekitar dengan nama Toko Jaya Agung. Ia sebagai distributor sembako hingga di kabupaten lain baik di jalur utara maupun timur.

Pemadan kebakaran yang tiba sekitar 30 menit kemudian tak bisa berbuat banyak. Lidah api meratakan bangunan yang cukup besar berikut isinya. Namun dalam insiden ini tak ada korban jiwa dan pemilik diperkirakan mengalami kerugian miliaran rupiah. Pemadam kebakaran hanya bisa melokalisir lokasi kejadian dengan siraman air dari canon macine.

Meskipun lidah api menjilat gudang sembako, namun gudang karet yang letaknya bersebelahan tidak dimakan api. Bahkan beberapa karyawan masih sempat mengeluarkan tiga buah truk untuk menghindari api.

Gudang karet sendiri milik A Liku, saudara kandung dari Ah Hiong. A Liku yang dikenal dermawan ini tak mengalami kerugian apa-apa. “Mungkin ini karena beliau dermawan tak pandang siapapun. Bahkan sangat sering membantu warga membangun jalan atau tempat ibadah dengan mengirimkan material,” ujar sejumlah warga yang menonton kebakaran tersebut.

Kebakaran ini juga mengakibatkan ledakan beberapa kali. Kuat dugaan ledakan itu diakibatkan tangki truk atau tabung gas yang disulut api. Bahkan bunyi ledakan masih terdengar sekitar 1 KM dari tempat kejadian. Polsek Sungai Pinyuh bertindak cepat dengan melakukan pengamanan dan membantu pemadan kebakaran. (kim)

*Harian Equator 30 Oktober 2006

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: