tabik, stefanus akim

Masa Puasa, Bisnis Café Alami Penurunan Omzet

Posted in Ekonomi, Kuliner by pencintabuku on April 11, 2006

Pontianak, Equator
Mungkin akibat perilaku masyarakat yang lebih dominan makan di rumah, bisnis sejumlah café di Kota Pontianak saat bulan puasa alami penurunan omzet. Meskipun demikian tidak sepi sebab masih ada segmen anak muda yang turut meramaikan.

Salah seorang pengusaha café, Arie Mirza Wahyudin S.Sos, mengakui penurunan tersebut taklah terlalu besar. Namun tetap juga berpengaruh dengan pendapatan yang ada. “Mungkin itu tadi, akibat perilaku konsumen yang lebih banyak makan bersama keluarga baik sat buka maupun sahur. Sehingga yang biasa nongkrong di café mengurangi aktivitasnya. Penyebab lain banyak yang ingin khusuk berdoa sehingga banyak menghabiskan waktu di rumah atau tempat ibadah,” kata pemilik Café Nineteen yang berlokasi di bundaran Tugu Digulis ini.

Penyebab lain kata dia, banyak event-event yang saat bulan ramadhan ini dikurangi atau ditiadakan. Sebab, cafénya juga berusaha mengisi bulan Ramadhan ini dengan amal ibadah. Sehingga ada nuansa lain dari hari-hari biasanya. Kali ini, Arie sengaja meleburkan karyawan dan menutup café. Diharapkan para karyawan dapat berlibur dan mengisinya. Saat masuk nanti diharapkan lebih bersemangat.

Jika hari-hari biasa terutama jika ada event, ia mengakui ada lonjakan-lonjakan omzet yang tak disangka-sangka. Misalnya saat piala dunia lalu, sebab cafenya membuka nonton bareng gratis. Sehingga para penggila bola berdatangan untuk menyaksikan pertandingan akbar empat tahunan itu. Saat ditanya kapan waktu tepat untuk kembali buka, Arie menuturkan saat dekat menjelang Idul Fitri adalah waktu yang tepat dan menungkinkan. “Sekitar seminggu sebelum Idul Fitri lah, namun bisa juga selepasnya,” tukas dia.

Di sisi lain, rumah makan yang buka hingga semalam suntuk mengalami omzet yang cukup menggembirakan. Terutama di kawasan kost-an mahasiswa atau karyawan. Terutama menjelang buka puasa dan sahur. (kim)

*Edisi Cetak Harian Equator 11 April 2006

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: