tabik, stefanus akim

Tindak Tegas Perusahaan ‘Pencipta’ Kabut Asap

Posted in Lingkungan by pencintabuku on Maret 11, 2006

Pontianak, Equator

Kabut asap yang dirasakan masyarakat Kota Pontianak khususnya dan Kalimantan Barat umumnya sudah saban kali terjadi. Namun pemerintah seakan tak punya formulasi untuk mencegah hal tersebut agar tidak terulang kembali.

“Kalau saya lihat pemerintah lamban berbuat, baik itu provinsi, kabupaten maupun kota. Seakan tak pernah ada kata sepakat untuk menanggulangi asap,” kata Direktur Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Kalbar, Saban Setiawan.

Menurut dia, perspektif yang mengatakan kabut asap disebabkan ladang gilir balik tidak tepat. Justru perusahaan-perusahaan besar yang melakukan landclearing lah yang menyebabkan kabut asap. “Saat ini ada dua perusahaan besar yang membakar lahan dan menyebabkan asap dan surat diperiksa di Mapolda Kalbar. Kita belum tahu sejauh mana pemeriksaan tersebut,” kata Saban.

Dikatakan, pemerintah harus bertindak tegas dalam menindak pelaku atau pembuat kabut asap di Kalimantan Barat. Termasuklah di Kota Pontianak jika itu memang terjadi, sebab yang sengsara tokh masyarakat luas.

Dikesempatan terpisah pengamat sosial, Marzuki Pasaribu, melihat pemerintah hanya ‘bekalot’ saat terjadi kabut asap. Sementara sebelum terjadi tak ada upaya pencegahan yang dilakukan. Akibatnya kejadian tersebut berulang kembali secara terus-menerus. “Tak ngerti juga apa yang dilakukan pemerintah nih. Masak safari ramadhan terus, coba cari solusi mengentikan kabut asap. Koordinasi kek dengan pihak terkait seperti Polda dan Korem, ini kayak berbuat kegiatan yang tak guna-guna,” kata Marzuki.

Di sisi lain, pengidap penyakit ISPA terus bertambah, baik menyerang anak kecil maupun orang dewasa. “Kalau berbuat sekarang ya terlambat. Sekarang yang harus kita lakukan berdoa agar hujan segera turun dan Kota Pontianak ini bersih dari kabut asap,” sindir dia. (kim)
*Harian Equator 11 Maret 2006

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: