tabik, stefanus akim

Terobsesi Buat Miniatur Khatulistiwa dari Kaca

Posted in Hobby by pencintabuku on Maret 11, 2006

Pontianak, Equator

Seniman susun kaca (sunkai) Rangga Gautama terobsesi untuk membuat miniatur tugu Khatulistiwa dari kaca sebagai maskot Kota Pontianak. Namun obsesi besar tersebut terkendala karena dana.

“Saya sangat terobsesi untuk membuat miniatur tugu Khatulistiwa sebagai salah satu maskot Kota Pontiana. Namun saya terkendala dana, sementara pemerintah juga tampaknya belum memperhatikan ke arah sana,” tutur Rangga.

Padahal, jika itu dibuat maka akan menjadi salah satu daya tarik kota ini, selain yang sudah ada. Mengingat pada masyarakat perkotaan pastilah membutuhkan tempat hiburan dan rekreasi. “Tinggal kita pilih saja salah satu lokasi yang tepat kemudian kita bangun miniatur tugu Khatulistiwa atau bahkan miniatur bangunan-bangunan bersejarah. Ini akan menjadi salah satu tempat kunjungan wisatawan,” tutur Rangga.

Ia sendiri sudah cukup banyak membangun miniatur beberapa bangunan bersejarah baik di Indonesia maupun di dunia. Rangga juga pernah diminta membuat logo salah satu televisi swasta di Jakarta dengan seni susun kaca. Sayangnya pemerintah daerah belum melihat potensi tersebut sehingga di kota kelahirannya sendiri kurang dikenal.

“Kalaulah pemerintah bisa memfasilitasi dengan menyediakan dana untuk membangun miniatur itu tadi, maka saya akan berupa merampungkannya. Mestinya kita memiliki salah satu ciri yang bisa membuat orang selalu ingat dan berusaha berkunjung kembali,’ papar dia.

Selain berprofesi sebagai seniman, Rangga kini juga menekuni usaha perdagangan. Usahanya terbilang maju dan bisa menjadi saah satu gantungan hidupnya. “Kalau kita lihat mana ada seniman yang hidupnya mapan, meskipun kita sadar karya seni tak bisa diukur dengan uang. Namun pekerjaan sampingan tentu saja diharapkan bisa memberikan kontribusi berarti,” tukasnya. (kim)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: