tabik, stefanus akim

Pekan Gawai Dayak Kalbar Siap Digelar

Posted in Media, Seni Budaya by pencintabuku on November 4, 2003

Pontianak, equator
Pekan Gawai Dayak 2003 siap digelar. Perhelatan yang rencananya digelar tanggal 20- 25 Mei 2003 akan dibuka oleh Gubernur dan Wagub Kalbar. Pelaksanaan dipusatkan di rumah Betang Panjang Banua Talino Jl Letjen Sutoyo Pontianak.

Ditemui di Rumah Betang, Frederik Kunyah dan Amandus Tomo, ketua dan sekretaris panitia didampingi Yosefis Leo SP dan Alexander SP, Sie Kesekretariatan serta Dukin SPd Sie Publikasi dan Panglima Edi Barau mengaku pelaksanaan pekan gawai Dayak 2003 ini disesuaikan dengan kalender pariwisata.

“Kami berharap semua pihak, panitaa, masyarakat Dayak, pemerintah, tokoh masyarakat, perusahaan, media massa, DPRD, LSM serta komponen masyarakat lainnya dapat mendukung kegiatan ini,” ujarnya.

Lebih lanjut Kunyah mengatakan persiapan acara ini telah benar-benar matang. Baik administrasi, kepanitiaan maupun materi acara. Adapun materi acara dimaksud adalah Pawai Budaya, Upacara Adat, Pameran stand kerajinan, pop singer, Festival Bujang dan Dara gawai, festival busana Dayak dewasa dan anak-anak, olahraga dan permainan tradisional Dayak, lomba melukis perisai, lomba memahat/mematung, lomba sastra lisan atau mendongeng, lomba menumbuk dan menampi padi, lomba masakan khas dayak dan atraksi tari dan musik Dayak yang siap ditampilkan oleh 25 sanggar Dayak yang tergabung dalam sekretaris bersama kesenian Dayak (Sekberkesda) dari kabupaten dan kota di Kalbar.

Drs Yohanes Bambang, ketua Sekberkesda mendukung penuh acara ini. Ia berharap semua sanggar ikut meramaikan kegiatan gawai ini. “Gawai Dayak Kalbar selama ini banyak terbentur oleh berbagai masalah yang sangat mendasar, sehingga pelaksanaannya tidak sesuai dengan kalender Dinas Pariwisatadan Kebudayaan Propinsi Kalbar. (kim)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: